Inilah 8 universitas tertua di dunia:







Delapan Universitas tertua di Dunia ini

Inilah 8 universitas tertua di dunia:

1. University of Al-Karaouine




Universitas Al Karaouiyinne di Fes – Maroko, merupakan Universitas yang pertama kali didirikan dalam sejarah peradaban dunia [menurut versi Guiness World of Record], dan merupakan Universitas pertama di dunia secara mutlak.
Lembaga pendidikan legendaris ini awalnya mengambil lokasi di mesjid Al Karaouiyinne yang dibangun oleh Mrs. Fathima binti Mohamed Al Fahri, tahun 245 H/ 859 M, di kota Fes – Maroko. Menurut «Guinness World Records” Universitas ini merupakan tertua di dunia yang masih eksis sampai saat ini.

Universitas Al Karaouiyinne ini telah berhasil mencetak banyak intelektual Barat seperti, Silvestor II, pemimpin tertinggi gereja Katholik Vatikan tahun 999 – 1003 M, dialah yang berjasa besar memperkenalkan “angka” arab di Eropa.

2. Al-Azhar University


universitas ke dua tertua di dunia adalah Alazhar, mulai beroperasi sejak tahun 975 AD. Fakultas yang ada waktu itu yang paling terkenal adalah hukum islam, Tatabahasa Arab, Astronomi Islam, Kedokteran, Islamic philosophy, dan limu logika. Banyak Ilmuan Islam juga lulus dari sini, termasuk Gus Mus, Gus Dur, dan masih banyak lagi.

3. Nizamiyya University

Universitas ini didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk pada abad ke 8 Masehi di persia (sekarang Iran). Universitas dengan nama yang sama juga didirikan di Basrah, Irak dan di Nishapur, Amul, Mosul, Herat, Damascus, Basra. Universitas ini merupakan universitas dengan model universitas modern pertama (menandingi Al Azhar) seperti sistem pengajaran, bangunan yang lebih elit, kurikulum, dan jurusan yang lebih banyak.

4. University of Bologna



Universitas ini didirikan pertama kali di bumi eropa tahun 1088. Kata universitas juga pertama kali digunakan di sini, letaknya Bologna, Italy. universitas ini dulunya adalah universitas andalan di eropa hingga terjadi perang dunia.

5. University of Paris


pendirian universitas ini ngga terlalu jelas, tapi waktu beroperasinya dimulai tahun 1096. Meski kalah pamor dari College de Sorbonne (founded about 1257), institusi ini mulai bangkit di abad ke 12 menggandeng Notre Dame Cathedral sebagai mitra kerjasama di bidang arts, medicine, law dan theology.

6. Oxford University


Tahun berdirinya belum diketahui. Akan tetapi tahun beroperasinya sebelum 1096. Institusi ini berembang dengan sangat cepat tahun 1167. Universitas ini menampung 38 kampus. Banyak orang orang hebat lulus dari perguruan tinggi ini.

7. University of Montpelier


Berlokasi di Montpelier, France, universitas ini dipredikisi telah ada sejak tahun 1150. universitas ini pernah diserang ketika terjadi revolusi prancis tahun 1793. Hingga akhirnya direnovasi pembangunanya mulai dari fakultas science sampai hukum. Universitas ini mengandalkan science dan technology.

8. Cambrigde University


University of Cambridge ini dikenal sebagai universitas tertua di inggris, mulai beroperasi in 1209. saat ini cambrdige merupakan 5 universitas terbaik di Eropa. Para alumninya juga banyak yang mendapat nobel , sekitar 55 nobels. saat ini Cambridge memiliki 31 kampus yang terdiri dari 150 jurusan, fakultas dan beberapa institusi. Saat ini para pelajar Cambridge lebih dari 50% nya menekuni jurusan Teknik Kimia, salah satu jurusan andalan di sana. universitas ini yakin bahwa bumi ini akan banyak bergantung dengan insinyur teknik kimia-penghancur sekaligus pembangun bumi ini.



Komentar

  1. Perguruan tinggi pertama kali didirikan adalah perguruan tinggi di Maroko oleh ulama Islam, bukan oleh orang Barat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah perjalanan hidup...

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI PELAYANAN ONE STOP SERVICE (ANTARA IDEA DAN REALITA)

CV_Hardiyansyah